Oleh-Oleh Depok Rumah Belimbing SiSEKHi
Meliyarta Said
RUMAH BELIMBING ‘SiSEKHi” DESTINASI MENARIK WISATA EDUKASI DI DEPOK WISATANYA DAPAT, ILMUNYA JUGA DAPAT
Rumah Belimbing dibentuk dengan tujuan untuk melestarikan buah belimbing yang merupakan tanaman asli Indonesia yang sangat mudah untuk ditanam dimana saja. Dan juga merupakan buah unggulan kota Depok, Perawatan yang tidak sulit dan juga selalu berbuah disetiap tahunnya. Tanaman belimbing terdiri dari dua jenis yaitu, belimbing dewa dan belimbing wuluh yang memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya sariawan, batuk, darah tinggi, kolesterol, asam urat dan gula darah.
Asal usul Kota Depok yang dikenal dengan sebutan Kota Belimbing.julukan itu bukan sekadar tentang banyaknya kebun buah di kota Depok. di masa lalu Depok itu terkenal dengan petani kebun buah-buahan. Depok merupakan pemasok sebagian buah-buahan yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. sebagian buah-buahan dari petani Kota Depok dipasarkan ke Jakarta dibawa menggunakan kereta api. pada tahun 1990 Depok menggunakan belimbing sebagai simbolisasi untuk mem-branding Kota Depok yang islami.
"Maksudnya itu rukun islam, karena segi belimbing ada lima,jadinya itu. Dari situ mulai cerita tentang depok sebagai kota belimbing.
Belimbing dewa dan belimbing wuluh merupakan tumbuhan berjenis pepohonan yang hidup di ketinggian 5-500 meter di atas permukaan laut. Batangnya memiliki ketinggian mencapai 15 meter. Belimbing dewa memiliki rasa manis bahkan akan menyerupai rasa madu apabila kondisi buah sudah sangat matang, airnya yang sangat banyak dan rasanya yang segar membuat Belimbing dewa sangat disukai, Belimbing wuluh memiliki rasa masam, biji berbentuk gepeng, dan apabila sudah masak airnya banyak. Belimbing wuluh sering disebut juga belimbing sayur atau belimbing asam.
karena memiliki rasa yang cukup asam dan biasanya digunakan sebagai bumbu masakan atau ramuan jamu.
Belimbing dewa dan Belimbing wuluh banyak ditemui sebagai tanaman pekarangan karena penanaman yang mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan buah belimbing menjadikan buah dari tanaman ini kurang pelestarian.
Dengan kondisi Tanah wilayah Depok yang ada di posisi tengah dari area pegunungan (bogor) dan Laut (Jakarta) mengakibatkan Tanah di Daerah Depok mengandung kadar Mineral yang cukup tinggi dan menghasilkan rasa buah Belimbing dari Wilayah Depok lebih nikmat dan lebih legit begitupun dengan setiap hasil panen buah yang ditanam diwilayah depok lebih nikmat dan lebih legit.
Mudahnya dalam penanaman dan banyaknya buah dalam setiap tahunnya menjadikan tanaman belimbing mudah tumbuh dimanasaja. Akan tetapi kurangnya pengetahuan masyarakat tentang cara pengolahan dari buah belimbing dan buah belimbing wuluh ini. Selain buah belimbing hanya dimakan dalam komdisi segar dan buah belimbing wuluh digunakan menjadi penambah rasa dalam sayuran ternyata kedua jenis buah belimbing ini bisa dijadikan manisan, sirup, ekstrak, jus, yoghurt, selai, stick,pie, dll, sangat banyak sekali hasil olahan turunan yang dihasilkan dari kedua jenis buah belimbing ini.
Tujuan dari strategi ini adalah agar Rumah Belimbing bisa berjalan lebih Fokus dan Profesional, bisa mengelola aset yang dimiliki untuk bisa menguatkan perekonomian melalui olahan produk yang dibuat dan melalui Wisata Edukasi, agar masyarakat lebih tau sejarah kota Depok, Pariwisata, sehingga melahirkan Toko Oleholeh dan soufenir khas Depok yang berdampak dalam segi Sosial dan kemajuan Perekonomian Masyarakat sekitarnya.yang sudah diprogramkan.
Masyarakat sekitarnya dan para pengunjung Rumah Belimbing juga akan di bimbing dan diajarkan dalam segi enterpreneur ship dan pengolahan buah lokal berupa Sirup Belimbing dan Sirup Belimbing Wuluh, Selai Belimbing dan Selai Belimbing Wuluh,Yogurt Belimbing, Jus Belimbing dan Jus Belimbing Wuluh,Stick Belimbing, Pie Belimbing, Souvenir Belimbing dll hingga menghasilkan nilai ekonomis.
Lokasi yang strategis sangat penting sekali dalam konsep Rumah Belimbing sebagai bagian dari Wisata Edukasi yang saat ini tentu sudah adanya lahan pertanian Belimbing sebagai percontohan dengan peta lokasi yang sangat mudah di akses dengan jalanya yang lebar serta memungkinkan untuk bisa masuknya mobil wisata.
Untuk kelangsungan management usaha Rumah Belimbing sangat diperlukan sekali system Organisasi dalam usaha dengan terbentuknya hirarki kerja dari Pimpinan, Staf sampai kepada Karyawan produksi yang di seleksi secara langsung melalui wawancara secara online dan ofline.
Rumah Belimbing mulai dibentuk dari tahun 2017, seiring berjalannya waktu mulai berkembang dari tahun 2019 dengan ada nya konsultan dari bank pemerintahan dan masuknya pertambahan modal juga investor sebagai pemasok bahan mentah.
Menurut data penjualan omset rumah belimbing selama pandemi Covit 19 dari tahun 2019 -2022 Omset Rumah belimbing meningkat pesat 300% dari penjualan produk olahan ekstrak belimbing dan ekstrak belimbing wuluh karena kebutuhan vitamin C yang meningkat pesat secara alami, dan wisata edukasi mulai menggeliat lagi pada tahun ini 2022 setelah dibukanya area wisata secara lebar oleh pemerintah dan berjalannya program kurikulum merdeka dari Kementrian Pendidikan Indonesia yang mewajibkan siswa /siswi Sekolah Dasar, SMP,SMA dan Universitas untuk belajar.
pentingnya Enterpreneur dan pengetahuan tentang Buah lokal dan Pengolahan buah lokal yang meru pakan salah satu kekayaan Daerah.
Untuk menguatkan Identitas dari Rumah Belimbing sangat diperlukan sekali peran beberapa sektor yang sangat berpengaruh dalam berkembangnya usaha Rumah Belimbing dinataranya yang harus dipenuhi :
1.2 Segi Legalitas usaha , Nama/Merek Usaha, Logo Usaha, dan Katalog produk.
Peran Media sangat dibutuhkan sekali dalam pengembangan Rumah Belimbing sebagai media Promosi dalam pemasaran beberapa media sosial yang di pakai untuk media promosi berupa Google Bisnis, Instagram, Facebook, WhatsApp, Tiktok dan beberapa online shop, peran Media Radio dan koran juga gunakan untuk media iklan pemasaran, disamping itu Rumah Belimbing juga tetap menjalankan media pemasaran secara offline melalui promosi dari mulut ke mulut, melalui spanduk, brosur dan display produk Olahan Rumah Belimbing ke beberapa toko Retail Modern dan juga mengikuti beberapa event Bazar dan Pameran di Wilayah Depok, DKI dan Jawa Barat.
Wisata Edukasi Rumah Belimbing sangat membutuhkan Support dari Instansi Pemerintah, seperti Dinas Pariwisata yang mempunyai wewenang dalam kemajuan wisata kota depok, dan dinas pertanian yang sangat berkontribusi untuk pelestarian area pertanian kota depok dengan support bibit buah dan pengawasan perkembangan tanaman di kota depok,Yayasan Pendidikan, sekolah-sekolah dan Organisasi yang ada di wilayah Kota depok,untuk itu Rumah Belimbing menyiapkan Profile Usaha dan Katalog Produk Rumah Belimbing untuk melengkapi Identitas sebagai media Promosi.
Produktifitas Rumah Belimbing juga diharapkan semakin meningkat sehingga peran dan kontribusi Rumah Belimbing dalam pembagunan perekonomian Masyarakat dan Pendidikan menjadi semakin Signifikan.
KATALOG PRODUK RUMAH BELIMBING SiSEKHi
![]() |
Buah Belimbing Wuluh |
![]() |
Sirup Belimbing Dewa, Sirup Belimbing Wuluh |
![]() |
Stick Belimbing |
![]() |
Jus Belimbing |
![]() |
Selai Belimbing Wuluh |
Label: Rumah Belimbing
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda